You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
kotak suara
.
photo doc - Beritajakarta.id

TPS Tugu Selatan Dapat Rekor Muri

Kita menyatukan TPS menjadi satu lokasi, karena untuk mempermudah pengontrolan. Selain itu ini untuk kebersamaan serta menunjukkan warga tanah merah itu mendukung pesta demokrasi

Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilu legislatif (pileg) 2014 di kawasan Tanah Merah Plumpang, RW 07 Kelurahan Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara akan mendapat rekor sebagai TPS terpanjang di Indonesia. Pasalnya, lokasi pemilihan yang akan menampung 56 bilik suara itu terdiri dari TPS 60-74 yang disatukan berjajar sepanjang 140 meter. Atas dasar itu, Museum Rekor Indonesia (MURI) memberi penghargaan sebagai TPS terpanjang di Indonesia.

Di RW 07, Kelurahan Tugu Selatan terdiri dari 22 RT dengan jumlah kepala keluarga (KK) sebanyak 3150. Dari sekitar 10.500 jiwa, sekitar 7.000 jiwa diantaranya mempunyai hak memilih. Namun karena persoalan administrasi, hanya sekitar 5.000 jiwa saja yang akan memilih di RW 07, Tugu Selatan.

Libur Pemilu, DKI Pastikan Layanan Masyarakat Tetap Beroperasi

Suaib, Ketua RW 07, Kelurahan Tugu Selatan, mengatakan, hanya sekitar 5.000 jiwa saja yang akan memilih di 14 TPS yang disatukan tersebut. Sedangkan, sisanya sekitar 2000 lainnya karena keterlambatan pengurusan administrasi terpaksa memilih di daerah asal.

"Kita menyatukan TPS menjadi satu lokasi, karena untuk mempermudah pengontrolan. Selain itu ini untuk kebersamaan serta menunjukkan warga tanah merah itu mendukung pesta demokrasi," ujarnya, Selasa (8/4).

Tanah Merah Plumpang merupakan wilayah pemukiman ditinggali oleh pendatang dari berbagai daerah, sehingga memiliki tingkat heterogenitas yang tinggi. Lantaran itu, pada pileg besok, selain 7 petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) serta 2 orang petugas pengamanan masing-masing TPS, juga akan disiapkan 2 posko informasi.

"Disini tingkat kemajemukan warganya tinggi, agar mempermudah sejumlah anggota karang taruna kita siagakan di dua posko informasi. Mereka akan bertugas memberi informasi sekaligus membantu petugas di TPS," katanya.

Untuk proses mendapat rekor Muri, tambah Suaib, pihaknya membutuhkan waktu satu bulan sebelum mendapat kepastian rekor sebagai TPS terpanjang. Rekor tersebut melalui rekomendasi yang dikeluarkan oleh KPU tingkat Nasional sebagai persyaratan.

"Kita sudah terima berita acaranya. Besok secara simbolis Muri akan menyerahkan kepada kita," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye935 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye919 personAldi Geri Lumban Tobing